Thursday, October 31, 2013

Pembocor Rahasia AS Edward Snowden Kini Dapat Kerja di Rusia

pembocor-rahasia-as-edward-snowden-kini-dapat-kerja-di-rusia
Berita Dunia Terbaru, Moskow : Seperti halnya Bradley Manning - tentara pembocor rahasia AS ke Wikileaks, Edward Snowden membuat Negeri Paman Sam tersudut dalam pergaulan internasional. Ia menguak aksi pengumpulan data intelijen yang dilakukan Badan Keamanan Nasional (NSA). Brasil, Meksiko, Prancis, Jerman dibuat meradang. Sejumlah negara tinggal tunggu giliran berang.

Namun, dua pembocor itu beda nasib. Manning, yang kini berubah menjadi perempuan bernama Chelsea sudah dijatuhi hukuman selama 35 tahun penjara. Sementara, Snowden berhasil kabur ke Rusia. Kini, pria berkaca mata itu bahkan punya kerjaan baru.

Pengacaranya mengatakan, mantan kontraktor intelijen itu diterima sebagai pegawai sebuah perusahaan situs web besar di Rusia. Sebagai technical support.

"Edward mulai bekerja November ini," kata pengacara Anatoly Kucherena kepada situs berita Rusia, RIA Novosti, seperti dilansir BBC, 31 Oktober 2013.

Namun, Kucherena tak menyebut di mana persisnya perusahaan tempat kliennya bekerja. Dengan alasan keamanan.

Meski demikian, Snowden sebelumnya terang-terangan ditawari kerja oleh Direktur VKontakte - situs jejaring sosial populer yang dianggap rival Facebook.

Pavel Durov, yang mendirikan VKontakte pada 2006 lalu, mengundang Snowden bergabung di perusahaannya yang bermarkas di St Petersburg. Kontras dengan apa yang dilakukannya pada negaranya, buron AS berusia 30 tahun itu diminta bekerja untuk melindungi data perusahaan.

VKontakte kini berada dalam tekanan pihak pemerintah, sebab, para legislator ingin mendapatkan kontrol lebih besar terhadap konten online.

Situs itu punya pengguna hampir 80 juta. Demikian menurut peneliti industri, Comscore - 47 juta di antaranya dari Rusia. Jejaring sosial ini sebelumnya memicu kontroversi karena memungkinkan pengguna mengakses konten musik dan video bajakan.

Belajar Bahasa Rusia


Kerjaan baru Snowden adalah informasi anyar yang menarik. Sebab, setelah kabur Juni lalu dan mendapat suaka dari Rusia 2 bulan kemudian, hanya sedikit detil kehidupan pribadinya terungkap ke publik.

Belum jelas apakah ia masih berada di Moskow. Situs Rusia, Life News memuat foto diduga Snowden naik kapal menyusuri Sungai Moskow dari pusat kota. Dalam foto, orang diduga Snowden tak memakai kaca mata khasnya. Ia mengenakan kemeja merah dan topi krem.

Kepada Life News, pengacaranya, Kucherena mengatakan, Snowden kini sedang belajar Bahasa Rusia dan sudah mengunjungi Kremlin, sejumlah museum, juga jalan-jalan ke luar kota Moskow. Belum ada indikasi Snowden ingin pergi dari negara itu.

Sementara, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa Snowden bisa "merasa aman" di Rusia. Meski, Putin menyebutnya sebagai "orang aneh". (Ein)

Related Articles:

Post a Comment