Tuesday, October 8, 2013

Perawatan Gigi Gratis di Dasar Laut Bali

Perawatan Gigi Gratis di Dasar Laut Bali
Berita Dunia Terbaru, Bali : Alam menyediakan banyak inspirasi. Itu yang didapat Russell Laman saat menyelam dengan ayahnya di perairan di Bali. Ia menjumpai hal menarik dan menggelitik untuk ditiru.

Remaja 13 tahun itu menyaksikan bagaimana udang memasuki mulut ikan besar yang menganga, untuk membersihkan parasit yang ada di sana.

Ia pun menirunya, dengan mencopot regulator oksigen dan membuka mulutnya lebar-lebar. Lalu, seperti harapannya, udang pembersih parasit mendekatinya, ke dekat mulutnya. Lalu hewan kecil itu mulai membersihkan gigi dan bibir Russel dengan capit kecilnya yang panjang dan kurus.

"Rasanya seperti dokter gigi kecil sedang membersihkan gigiku dan membuang sesuatu dari mulutku. Sedikit geli," kata Russell Laman dari Lexington, Massachusetts, seperti dimuat Daily Mail, 7 Oktober 2013.

"Aku sebelumnya melihat ikan sedang dibersihkan dan ingin mencobanya sendiri," kata dia. "Kupikir keren kalau aku mencoba pengalaman udang berada di mulutku."

Russell dan ayahnya, Tim menemukan 'stasiun pembersihan' bawah air yang dijalankan para udang. Di mana hewan golongan Crustaceae itu menunggu 'para pelanggannya', di sebuah area spons yang indah.

Di 'stasiun' itu dipenuhi udang-udang pembersih dan para pelanggannya yang antre. Pembersihan dilakukan menyeluruh, di mulut juga kulit ikan.

Russell yang sudah 7 tahun menyelam sudah tahu bahaya membuka mulut (jalan nafas satu-satunya di bawah air). Ia mempelajari bagaimana mengusir udang dari mulutnya saat ia membutuhkan bernafas, dengan memasang kembali regulator oksigen, meniru apa yang dilakukan ikan-ikan.

"Aku belajar bahwa udang selalu mengawasi mulut ikan, saat mulut itu mulai menutup mereka akan keluar."

Saat merasa kehabisan oksigen, Russell menutup mulutnya perlahan dan udang-udang itu lalu keluar. Ia lalu memasang regulator untuk memasukkan oksigen ke paru-parunya.

Perilaku udang White banded Cleaner Shrimp sudah lama diketahui para ahli biologi dan penyelam. Namun baru kali ini mereka melakukan pembersihan pada manusia .

"Sangat mengaggumkan bagaimana udang-udang kecil itu mengenali mulut manusia dan menyamakannya dengan mulut ikan, lalu masuk ke dalamnya untuk mengais makanan," kata Tim, ayah Russell.

"Dibutuhkan penyelam yang tenang, yang bersedia melepas regulator oksigennya di kedalaman 23 meter, dan membuka mulut untuk mengundang udang-udang masuk.

Para penyelam yang melakukannya harus menahan nafas, setidaknya 30 detik. "Dan Russell dengan tenang menahan napas selama lebih dari 40 detik," kata dia. "Tak biasanya anak seusianya bisa melakukan hal itu.

Related Articles:

1 comment

October 9, 2013 at 10:48 AM

Sangat menyenangkan,...

Post a Comment